Selasa, 05 Januari 2010

ILMU SOSIAL DASAR – ARTIKEL PELUANG DAN TANTANGAN BATIK

Peluang dan Tantangan Batik

Peluang Batik
1. Kebudayaan batik sudah menjadi suatu kebutuhan untuk sebagian atau bahkan hampir menyeluruh pemakaian busana batik ini mendominasi di negara kita, seperti halnya perusahaan – perusahaan BUMN dan tidak menutup kemungkinan perusahan swasta yang mengkhususkan memakai busana batik untuk hari-hari tertentu.
2. Menjadi peluang usaha bagi para pengusahawan yang mempasok produksi batiknya sampai ke Negara-negara luar
3. Pemakaian busana batik ini bisa juga digunakan untuk banyak acara, seperti apabila kita diundang oleh kerabat dan relasi kita, paling tidak yang ada di benak kita adalah busana berkerah rapi dengan bawahan gelap atau busana batik

Tantangan Batik
1. Ikutnya Negara luar dalam memproduksi kebudayaan batik yang menjadi masalah bagi pengusaha dari indonesia
2. Perkembangan batik di Indonesia sebagai warisan budaya yang memiliki nilai ekonomi untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.
3. Persoalan lain yang menjadi tantangan perkembangan batik ke depan adalah masih minimnya akses informasi dan akses pasar. Ia juga mengkritisi sebagian besar perajin batik yang masih menggunakan zat warna kimia dan penanganan limbahnya belum dilakukan dengan benar sehingga mencemari lingkungan. Belum lagi, lanjut dia, ketersediaan kain sutera sebagai bahan baku batik masih terbatas.

Diperoleh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template Design By:
SkinCorner